DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Pantun Bersarkan Tema Melalui Metode Inquiry Di Kelas IV SDN No 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo
Total View This Week29
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RATNA J. POLAMOLO (STUDENT ID : 151408442)
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum (LECTURER ID : 0007105810)
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd (LECTURER ID : 0028016006)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2012-09-20 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Ratna J. Polamolo 2012.“Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Pantun Bersarkan Tema Melalui Metode Inquiry Di Kelas IV SDN No 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo” Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah,“Apakah Metode Inquiry dapat meningkatakan kemampuan siswa kelas IV SDn No 39 Hulonthalangi kota Gorontalo dalam menyusun pantun berdasarkan tema ?. Dan yang menjadi tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun pantun berdasarkan Tema Melalui Metode Inqiury Di Kelas IV SDN no 39 Hulontalangi Kota Gorontalo. Dari hasil observasi awal kemampuan siswa menyusun pantun 36,84% kategori mampu, 36,84% kurang mampu dan 26,31% tidak mampu. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas Siklus I dan tenyata kemampuan siswa menyusun pantun 52,63%, kurang mampu 26,31 % dan tidak mampu 21,05%, pada siklus II kemampuan siswa menyusun pantun 78,94%, kurang mampu 10,52%, dan tidak mampu 10,52% sehingga antara siklus I dan II terjadi peningkatan yang signifikan yakni sebesar 26,31%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN No 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo dalam menyusun pantun berdasarkan tema dapat ditingkatkan melalui metode inquiry. Kata Kunci : Pantun, Metode Inquiry  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo