DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Teks Pendek Melalui Model Pembelajaran Round Table Di kelas II SDN No. 56 Dumbo Raya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo
Total View This Week31
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SARTIKA SULEMAN (STUDENT ID : 151409258)
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd (LECTURER ID : 0028016006)
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd (LECTURER ID : 0006038004)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2012-09-20 00:00:00 
Abstract :
Sartika Suleman. 2012. Meningkatkan kemampuan siswa membaca teks pendek melalui model pembelajaran Round Table di kelas II SDN No. 56 Dumbo Raya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Evie Hasim, M.Pd dan Pembimbing II: Wiwi. T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa membaca teks pendek melalui model pembelajaran Round Table di kelas II SDN No. 56 Dumbo Raya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?” Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca teks pendek melalui model pembelajaran Round Table di kelas II SDN No. 56 Dumbo Raya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, penelitian ini dianggap berhasil apabila memenuhi kriteria, jika kemampuan siswa membaca teks pendek mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata siswa yang memiliki kemampuan membaca teks pendek melalui model pembelajaran Round Table pada observasi awal berjumlah 11 siswa atau 40,74% dari jumlah 27 siswa sedangkan pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan membaca teks pendek melalui model pembelajaran Round Table berjumlah 14 siswa atau 51,85%. Untuk siklus II menunjukkan peningkatan, dimana dari 27 siswa yang memiliki kemampuan membaca teks pendek melalui model pembelajaran Round Table berjumlah 21 siswa atau 77,78% sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan sebesar 75% dari keseluruhan jumlah siswa yang ada di kelas II SDN No. 56 Dumbo Raya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo telah tercapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Round Table dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca teks pendek. Kata kunci: Membaca, TeksPendek, Model Round Table 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo