DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo
Total View This Week33
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MOHAMAD NOVAL POLAMOLO (STUDENT ID : 151409361)
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0026016004)
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0007058107)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Mohamad Noval Polamolo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 19 siswa kelas IV SDN 96 Sipatana. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Jika guru menggunakan metode demonstrasi pada materi energi bunyi, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo akan meningkat”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diperoleh peningkatan hasil belajar sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo. Kata Kunci: Hasil, Belajar, Energi, Bunyi, Metode, Demonstrasi.  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo