DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Gerak Di Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo
Total View This Week73
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
INDRIYANTI LAODE (STUDENT ID : 151411161)
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0026016004)
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si (LECTURER ID : 0029077604)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-02-04 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Indriyanti Laode. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Gerak Di Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai M.Pd, selaku Pembimbing I, dan Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Kelas yang dilaksanakan tindakan adalah kelas IV dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 7 orang perempuan dengan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo, dari observasi awal diperoleh nilai rata-rata 49,81%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,88% atau terjadi peningkatan 13,07, tentu saja hal tersebut belum mencapai indikator, artinya masih berada pada klasifikasi cukup, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,73 atau terjadi peningkatan 18,85%, artinya telah berada pada klasifikasi baik. Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima. Jadi pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi gerak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ialah, " jika diterapkan metode eksperimen maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi gerak di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo Akan Meningkat" telah diuji dengan benar dan dapat diterima. Kata kunci : Motivasi, Energi Gerak, Metode Eksperimen  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo