DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya Setempat Di Kelas IV SDN 5 Bonepantai
Total View This Week26
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
HERNASTI SAKRAIN AMILI (STUDENT ID : 151411357)
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si (LECTURER ID : 0022026105)
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. (LECTURER ID : 0012075808)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Hernasti Sakrain Amili. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya Setempat Di Kelas IV SDN 5 Bonepantai. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah dengan menggunakan model make a match dalam pembelajaran materi keragaman budaya lokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? Bertolak dari rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai berhubungan dengan tindakan yang akan diberikan adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami keragaman budaya setempat melalui Model make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Bonepantai Kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari laki-laki 10 dan perempuan 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) Siklus, Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa mencapai prosentasi 80 % . Dari hasil kegiatan yang dilaksanakan dalam 2 Siklus terlihat bahwa pada data observasi awal prosentasi ketuntasan hasil belajar siswa hanya 26.92 % atau 7 siswa yang tuntas, menjadi 69.23 % atau 18 siswa yang tuntas pada siklus 1. Oleh karena pada siklus 1 belum mencapai 80 % maka tindakan dilanjutkan ke Siklus 2 dan terjadi kenaikan prosentasi ketuntasan hasil belajar menjadi 88.46 % atau 23 siswa yang tuntas. Hal ini menunjukan bahwa indikator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model make a match pada materi tentang keragaman budaya setempat pada pelajaran IPS terbukti hasil belajar siswa meningkat dengan baik. Kata Kunci: Hasil belajar, Budaya Setempat, Model Make a match. 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo