DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV di SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango
Total View This Week77
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
YUSNIAR ISHAK SAUD (STUDENT ID : 151411374)
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. (LECTURER ID : 0012075808)
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si (LECTURER ID : 0004057805)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Yusniar Ishak Saud. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV di SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Hakop Walangadi.,M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd.,M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah Melalui Model Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi di kelas IV di SD Negeri 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango”.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi di kelas IV di SD Negeri 2Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran IPS khususnya materi persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi melalui Pembelajaran Keopratif Tipe Jigsaw. Hasil tindakan melalui siklus I, dengan jumlah siswa yang dikenakan tindakan 16 orang Dengan hasil belajar menunjukan bahwa 9 siswa atau 56 % memperoleh kriteria tuntas sementara 7 siswa atau 44 % belum tuntas atau belum memenuhi kriteria ketuntasan. Namun setelah dilakukan tindakan melalui siklus II jumlah siswa yang dikenakan tindakan 16 orangterdapat 14 siswa atau 88% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajarnya, sementara 2 siswa atau 12 % mencapai kriteria belum tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipetesis tindakan” Jika Guru Menerapkan model pembelajaran kooperatif model jigsaw hasil belajar siswa pada materi persebaran sumber daya alam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi pada pelajarn IPS dapat meningkat dengan baik. Kata Kunci :Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo