DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Pecahan campuran dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Bahari kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato
Total View This Week69
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
FERDI S DUNGGIO (STUDENT ID : 151411457)
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0024105703)
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0018025904)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK FERDI S. DUNGGIO. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Pecahan campuran dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Bahari kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato”. Skripsi, Jurusan S-I PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ismail Pioke S.Pd M.Pd dan Dra. Samsiar RivaI S.Pd M.Pd Permasalahan penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, kemampuan menjumlah pecahan campuran pada siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato dapat meningkat. sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menjumlah pecahan campuran melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato’’ Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Adapun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Sedangkan data yang dikumpulkan menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada siklus I dari 18 siswa yang dijadikan subjek penelitian, terdapat 10 siswa memperoleh nilai 65 ke atas atau 61,78 % ini berarti belum mencapai indikator yang telah ditetapkan yaitu 75% siswa yang dikenai tindakan mendapat nilai 65 ke atas. Pada siklus II dari 18 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian, terdapat 15 siswa atau 89,73% memperoleh nilai 65 ke atas. ini berarti indikator kinerja telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick kemampuan menjumlah pecahan campuran pada siswa kelas V SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato meningkat. Kata kunci : Kemampuan, Menjumlah, Pecahan Campuran. Talking Stick 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo