DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara
Total View This Week38
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
HAIRA LAMAKE (STUDENT ID : 151412396)
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. (LECTURER ID : 0012075808)
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA (LECTURER ID : 0020057605)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2014-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Haira lamake. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si Dan pembing II Samsi Pomalingo S.Ag, M,A. Berdasarkan pembatasan masalah yang telah peneliti kemukakan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah pemahaman siswa siswa pada materi sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran induktif mata pelajaran ips kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami peningkatan pemahaman pada siklus II sejumlah 30 orang siswa atau sebesar 93.3% dari hasil kondisi awal 33.3%. dan siklus I 73.3% Sedangkan siswa yang belum mencapai target sejumlah 2 orang atau 7%. Dari data hasil siklus II menunjukkan bahwa pemahaman siswa tersebut melebihi target indikator kinerja sebesar 75% dari jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan nilai KKM 70. Dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS sudah baik dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan Kata kunci: pemahaman siswa, Pendekatan Pembelajaran Induktif 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo