Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ELLA NUR INDAHWATI PAPENE (STUDENT ID : 151414015)
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd (LECTURER ID : 0014046012)
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum (LECTURER ID : 0007105810)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2018-08-30 00:00:00
Abstract :
ABSTRAK
Papene, Ella Nur Indahwati. 2018. Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain Pre-experimental Design dengan rancangan One group pretest-posttest design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan menulis karangan deskripsi. Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan validitas konstruck, Uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. dengan nilai rata-rata sebelum pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sebesar 57,1 dan setelah pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sebesar 75,8. Hal ini pula ditunjukan dari hasil uji t diperoleh thitung sebesar 4,170 dan data yang diperoleh berdasarkan distribusi ttabel sebesar 2.093. Jika dibandingkan thitung dan ttabel, maka thitung lebih besar dari ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Lingkungan, sumber belajar, karangan deskripsi
ABSTRACT
Papene, Ella Nur Indahwati. 2018. Using the School Environment as Learning Resources: Its Effect towards Descriptive Writing Skill at Grade IV Students, Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd. Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
The goal of this research is to examine whether or not using the school environment as learning resources affect descriptive writing skill at grade IV students, Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency. This quantitative research employed pre-experimental design with one-group pre-test and post-test. The independent variable refers to the use of school environment as the learning resources, while the students' descriptive-writing skill is regarded as the dependent variable. Furthermore, as many as 20 students were involved as the sample of this research. A set of test was used as the instrument; the data were analyzed by using construct validity test and normality test. The hypothesis was tested by using t-test. The result reveals that the use of school environment as learning resources affect descriptive writing skill at grade IV students, Elementary School SDN 3 Telaga, Gorontalo Regency. It is shown that the average score of the students before using the school environment is 57.1. This score is later increased to 75.8 after using the school environment. Such a finding is echoing the results of the t-test with the value of tcount4.170 and the data based on the distribution of ttable2.093. In other words, the value of tcountoutnumbers ttable which indicates that the school environment is effective to be used as the learning resources for the students in the research area.
Keywords: Environment, Learning Resources, Description Writing