DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KI HADJAR DEWANTORO KECAMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Total View This Week66
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
NOLLA CHRISTY SANGGILANG (STUDENT ID : 153411072)
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0026016004)
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0007058107)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-05-19 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Nolla Christy Sanggilang, 2016. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd, Dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang pengaruh media audio visual terhadap keterampilan berbicara anak di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian Eksperimen Semu. Desain penelitian yang digunakan adalah (One Group Pretest and Posttes). Penelitian ini difokuskan pada siswa kelompok B Nusa Indah. Tekhik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian angket, Observasi, dan document. hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui bahwa nilai Pre test Lhitung sebesar 0,079 dan post test Lhitung sebesar 0,107. taraf signifikasi = 0,05 dan n = 30, Ltabel sebesar 0,161. Karena L0 â Ltabel. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan statistic uji t dependen dengan = 0,05, table distribusi t diperoleh ttabel(dk; 1- ) = ttabel(29; 0,975) = 2,04, kriteria pengujian Tolak H_0 jika thitung > ttabel dimana ttabel didapat dari daftar distribusi t dengan dk = n - 1 dengan peluang (1 - ), dalam keadaan lain Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual (film kartun) terhadap keterampilan berbicara anak. Sedangankan keterampilan berbicara anak tanpa menggunakan media audio visual (film kartun) tidak terdapat pengaruh. Hal ini dapat di buktikan oleh skor rata-rata pre test = 1919 dan skor rata-rata post test = 2586, serta pengujian hipotesis yang menggunakan uji t dependen yang menerangkan bahwa thitung = 20,46 > ttabel = 2,04, artinya bahwa (thitung > ttabel ) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingaa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio Visual (film Katun) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara anak kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci ;Media Audio visual, Keterampilan Berbicara  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo