DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo
Total View This Week18
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
YASRILAWATI M. PANTOLAI (STUDENT ID : 221408082)
Prof. Dr. FENTY U. PULUHULAWA, SH., M.Hum (LECTURER ID : 0009046804)
Dr. FENCE M WANTU, SH., MH (LECTURER ID : 0019017404)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo pada mata pelajaran PKn yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal yang disebabkan karena siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga perlu dicari alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo. Analisis dan repleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindaakan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus, dengan indikator kinerja 85% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 6.5 data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I diperoleh 58.82% (20 orang siswa) yang memperoleh nilai 6.5 ke atas dengan rata-rata kelas 6.26. hasil yang diperoleh dalam siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 34 siswa yang dikenai tindakan 88.24% (30 orang siswa) memperoleh nilai 6.5ke atas dengan nilai rata-rata kelas 8.02 Dengan demikian indikator kerja yang berbunyi apabila 85% dari 34 orang siswa sudah dapat meningkatakan hasil belajarnya pada mata pelajaran PKn tercapai. Disamping itu juga hipotesis tindakan yang berbunyi “ jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIIIA SMPN 5 Gorontalo akan meningkat” dapat diterima. Kata kunci hasil belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo