DETAIL DOCUMENT
PRODUK INOVASI SEBAGAI TEROBOSAN PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN ( Studi Produk POS PAYMENT oleh Kantor Pos Gorontalo)
Total View This Week35
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
JULITA NURDIN NAWAITU (STUDENT ID : 291414040)
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si (LECTURER ID : 0014127303)
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom (LECTURER ID : 0008108407)
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-02-07 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Julita Nurdin Nawaitu NIM 291414040. 2018. Penelitian ini berjudul: Produk Inovasi Sebagai Terobosan Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen (Studi Produk "Pospayment" Oleh Kantor Pos Gorontalo). Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Oleh Zulaeha Laisa, S.Sos. M.Si, (Pembimbing I) dan Citra F.I.L Dano Putri, S.Pd, M.I.Kom, (Pembimbing II). Fenomena perkembangan industri jasa pengiriman barang yang semakin pesat dewasa ini menimbulkan bertambahnya perusahaan yang memasuki pasar jasa untuk dapat bersaing dan bertahan. Di Gorontalo, Kantor Pos merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang bukan hanya mengirim surat dan paket saja, namun juga dapat melakukan transaksi pembayaran apapun yang disebut dengan Popspayment. Pospayment merupakan produk unggulan yang memiliki kontribusi tertinggi tiap tahunnya, namun pada tahun 2017 mengalami penurunan pendapatan (-) sebesar 1.6%. Olehnya itu, Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Kantor Pos melakukan Produk Inovasi Pospayment sebagai Terobosan Pemasaran dalam menarik minat konsumen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami serta medeskripsikan bagaimana Produk Inovasi sebagai Terobosan Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan berupa Produk, Produk Inovasi, Komunikasi Pemasaran, dan Bauran Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk Inovasi yang dilakukan Kantor Pos sudah sangat efektif dalam menarik minat konsumen. Selain memberikan inovasi produk terbaru, Kantorpos juga sudah bekerjasama dengan berbagai lembaga dan Universitas serta melakukan komunikasi pemasaran dengan bauran pemasaran di berbagai tempat dan Wilayah kerja yang ada Kota maupun di Kabupaten Gorontalo. Hal ini merupakan kunci keberhasilan dari suatu produk inovasi sebagai terobosan pemasaran yang dapat menarik minat konsumen. Pospayment merupakan alat pembayaran yang dapat dilakukan melalui smartphone dimanapun berada. Selain itu dengan Pospayment, konsumen juga dapat menabung serta menjadi agen dalam mitra pembayaran. Jadi dengan adanya Pospayment, konsumen tidak perlu lagi datang ke kantorpos untuk melakukan pembayaran. Kata Kunci: PT. Pos Indoneisa (Persero), Produk Inovasi, Pospayment, Komunikasi Pemasaran.  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo