DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 TOILI BARAT MENGIDENTIFIKASI UNSUR UNSUR INTRINSIK CERPEN
Total View This Week48
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
I KADEK SUPARNO (STUDENT ID : 311409017)
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd (LECTURER ID : 0029076008)
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd (LECTURER ID : 0004016005)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-09-01 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK I Kadek Suparno. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Siswa Kelas XI SMAN 1 Toili Barat Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. Permasalahan masalah penelitian ini adalah ; (1) bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS? (2) bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran TPS? (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS dengan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran TPS? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan desain pretes-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes awal dan tes akhir dan dianalisis dengan menggunakan pengujian normalitas, homogenitas varians, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji F diperoleh F_hitung = 47,79 dan F_tabel = 3,96. Karena F_hitung > F_tabel, maka hipotesis ditolak dan diterima. Kesimpulan secara keseluruhan dalam penelitian ini yaitu diterimanya hipotesis penelitian maka kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen memang dipengaruhi oleh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang digunakan. Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Kemampuan, Cerpen  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo