DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIId pada materi segitiga melalui model pembelajaran berbasis masalah di SMP Negeri 7 Gorontalo
Total View This Week28
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MERLAN SASRANINGSI ALI (STUDENT ID : 411408062)
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd (LECTURER ID : 0001116107)
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd (LECTURER ID : 0007018202)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2012-09-20 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Merlan Sasraningsi Ali, (2012) “ Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIId pada materi Segitiga melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Negeri 7 Gorontalo”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. dibimbing oleh Prof.Dr. Nurhayati Abbas M.Pd dan Dewi R. Isa S.Pd M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIId pada materi segitiga di SMP Negeri 7 Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Gorontalo, pada materi segitiga di kelas VIId dengan jumlah peserta didik 32 orang yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Hipotesis penelitian adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segitiga di kelas VIId SMP Negeri 7 Gorontalo. Dengan menggunakan lima fase atau tahapan dalam model pembelajaran masalah yakni fase (1) Mengorientasi peserta didik pada masalah, (2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan mandiri atau kelompok, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya/tugas serta memamerkannya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Setelah dilakukan lima fase tersebut, dari data yang ada menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 40,62%. Peserta didik yang memperoleh nilai 70 ke atas (tuntas belajar) yakni dari pembelajaran siklus I menunjukkan 53,13%, meningkat menjadi 93,75% pada pembelajaran Siklus II, yang berarti hipotesis penelitian”model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segitiga di kelas VIId SMP Negeri 7 Gorontalo” diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Segitiga  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo