DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Pada Materi Kubus dan Balok
Total View This Week27
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RIZAL MANTOFANI (STUDENT ID : 411409112)
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si (LECTURER ID : 0020046304)
H.S. PANIGORO (LECTURER ID : 0001058501)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-02-01 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Rizal Mantofani. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Suatu Penelitian di SMP Negeri I Suwawa). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 105 orang dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIIIC terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme sedangkan kelas VIIIE sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui lembar pengamatan pengelolaan guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data hasil belajar dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, dan pendekatan konstruktivime tergolong efektif dalam mengajarkan pokok bahasan kubus dan balok. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivisme.  

Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo