DETAIL DOCUMENT
pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok
Total View This Week27
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
NIRMAN ADJIE (STUDENT ID : 411409124)
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd (LECTURER ID : 0017086408)
Drs. MAJID, M.Pd (LECTURER ID : 0001026705)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-02-01 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Nirman Adjie, Nim. 411 409 124. "Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok".Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing I: Drs. Perry Zakaria,M.Pd dan Pembimbing II:Drs. Majid M.pd Penelitian ini merupakan study eksperimen di SMP Negeri 1 Lemito yang meneliti tentang hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran Reciprocal Teaching pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran Reciprocal Teaching dengan yang mengikuti pembelajaran langsung pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Limito Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Posttest-Only Control Group Desain. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes objektif. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu post-test. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus uji lilifors dan diperoleh nilai hitungLv> Lt yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0.116 >0.190 dan kelas kontrol 0.174>0.190. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Untuk pengujian homogenitas menggunakan statistik Uji-Bartlet dan diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 1,910ttabel yaitu 3,370>1,68 Kata kunci: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar  

Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo