Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievment Division) Terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 LIMBOTO Total View This Week27
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MUHAMMAD ANDIK SUBRATA (STUDENT ID : 411411057) Drs ABAS KALUKU, M.Si (LECTURER ID : 0014045708) H.S. PANIGORO (LECTURER ID : 0001058501)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2015-09-01 00:00:00
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Limboto pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Limboto dan sampel adalah kelas VII-1 (eksperimen) dan kelas VII-7 (kontrol). Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen tes hasil belajar serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif yang digunakan merupakan deskdripsi seluruh skor siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes essay dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji statistik uji-t dua sampel berpasangan (paired t-test). Hasil analisis data menunjukan bahwa rata - rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada rata - rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Model pembelajaran STAD, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel