DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) Terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi prisma dan limas di SMP 14 Gorontalo
Total View This Week13
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ABD. FIKRI KATILI (STUDENT ID : 411413099)
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd (LECTURER ID : 0025086907)
EMLI RAHMI, S.Pd., M.Si (LECTURER ID : 0028048503)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-08 00:00:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Gorontalo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 210 orang dan tersebar dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk essay/uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Berdasarkan analisis inferensial ANAKOVA 1 jalur diperoleh model regresi untuk kelas eksperimen (Y ... = 25,89 + 0,68 X ) dan untuk kelas kontrol (Y ...=7,25 + 4,03 X) maka koefisien regresi untuk kedua kelas bernilai positif dan berdasarkan uji homogenitas gradien regresi diperoleh kedua kelas homogen (memiliki gradien yang sama). Pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 4,55 > 4,11 atau tolak H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan konvensional setelah mengontrol pretest. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi Matematis, Pendekatan RME.  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo