DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X MAN LIMBOTO
Total View This Week12
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MARNI MOKODOMPIT (STUDENT ID : 411413103)
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd (LECTURER ID : 0025086907)
EMLI RAHMI, S.Pd., M.Si (LECTURER ID : 0028048503)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-08-30 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Marni Mokodompit. NIM. 411 413 103. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Sub Pokok Bahasan Trigonometri di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Limboto. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1). Dr.Tedy Machmud,M.Pd (2) Emli Rahmi,S.Pd,M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan metode mind mapping dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan metode ekspositori pada sub pokok bahasan trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest postest conrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Man Limboto tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 86 siswa dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan relibilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan metode mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan metode ekspositori. Berdasarkan analisis inferensial ANKOVA 1 Jalur diperoleh model regresi untuk kelas Eksperimen Y ... = 30,91 + 1,21X dan kelas kontrol Y ...= 18,91 + 1,51X maka koefisien regresi untuk kedua kelas bernilai positif dan berdasarkan hasil uji homogenitas gradien regresi diperoleh kedua kelas homogen (memiliki gradien yang sama). Pengujian hipotesis diperoleh Fhitung> Ftabel atau 5,65> 4,16 maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan metode mind mapping dan metode ekspositori setelah mengontrol pretest. Kata Kunci :Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,Metode Mind Mapping,Trigonometri. 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo