DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika
Total View This Week36
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RINTO (STUDENT ID : 421404014)
Drs. ASRI ARBIE, M.Si (LECTURER ID : 0017046302)
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0020067903)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2012-09-20 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK RINTO,2012. Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran fisika (suatu penelitian di MAM Boliyohuto). Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul S.pd M.pd Penelitian ini merupakan studi eksperimen di MAM Boliyohuto yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh startegi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan kelas yang bukan menggunakan strategi Reciprocal Teaching. Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas X di MAM Boliyohuto menjadi populasi pada penelitian ini dan sekaligus sebagai sampel. Penarikan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh, karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari berbagai kriteria pengujian yang digunakan, menunjukan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh F hitung > F table ( hipotesis diterima). Dari perbedaan yang tedapat pada kelas yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan kelas yang bukan menggunakan strategi Reciprocal Teaching dapat disimpulkan bahwa strategi Reciprocal Teaching mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi Reciprocal Teaching, Hasil belajar siswa 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo