DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa pada topik besaran dan satuan
Total View This Week53
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RUSNI DJAUHARI (STUDENT ID : 421410070)
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si (LECTURER ID : 0012045710)
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0003097003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-02-18 00:00:00 
Abstract :
Rusni Djauhari. 2014. Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada topik besaran dan satuan di kelas X Madrasah Aliyah Al-Huda Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Sunarty Eraku,M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilaksanakan di Madarasah Aliyah Al-Huda Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Huda Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 menjadi populasi penelitian ini dan diambil satu kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. kelas tersebut diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu Pretest dan Posttest. Hasil Pretest dan Posttest diperoleh nilai rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2, dimana pada pertemuan 1 adalah 5,25 dan rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada pertemuan 2 adalah 9,4. Secara statistik untuk mengetahui sejauh mana skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, di uji dengan menggunakan teknik uji statistika parametrik dengan statistika uji t. Hasil uji t, diperoleh nilai thitung = untuk = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,09 hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan terima H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu "Terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran teams games tournament pada topik besaran dan satuan". Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo