DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga Jantung Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga
Total View This Week3
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
INDRIASTUTI CARMILA TENGO (STUDENT ID : 431412001)
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd (LECTURER ID : 0020086606)
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si (LECTURER ID : 0018086407)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-02-01 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Indriastuti Carmila Tengo. 2016. "Pengembangan media pembelajaran alat peraga jantung pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMA Negeri 1 Telaga". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr.Hj .Ani M Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Djuna Lamondo, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran alat Peraga jantung pada materi sistem Peredaran darah manusia.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Addie yang terdiri dari Analyze (Analisis), designe (desain), develop (Pengembangan) Implement (Implementasi), Evaluate (Evaluasi) . Tetapi untuk penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (pengembangan), karena membutuhkan waktu yang lama dalam penerbitan dan biaya.Instrumen dalam penelitian ini berupa, Instrument wawancara dengan guru biologi, Instrument validasi oleh validator ahli, Instrument penilaian oleh guru biologi, Instrument respon peserta didik terhadap alat peraga. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskritif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan alat peraga jantung berdasarkan perhitungan kualitas secara keseluruhan berada pada rentang nilai X> 37,8 termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan untuk ahli media perhitungan kulaitas secara keseluruhan adalah X>42,0 sangat valid, untuk persentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 84% termasuk dalam kategori sangat baik, oleh ahli media yaitu 92% sangat baik, guru mata pelajaran yaitu sebesar 98% % sangat baik, respon siswa terhadap Alat Peraga yaitu 91% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran alat peraga jantung pada materi sistem peredaran darah manusia yang di kembangkan menunjukan kevalidan sangat valid dan presentase keidealan kategori sangat baik. Kata Kunci: Alat Peraga, Jantung, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo