DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Mutasi Untuk Kelas XII IPA
Total View This Week26
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MAHDIE H. DUKALANG (STUDENT ID : 431412084)
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0017097206)
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes (LECTURER ID : 0015045912)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-08-30 00:00:00 
Abstract :
Mahdie Dukalang. 2017. Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Mutasi Untuk Kelas XII IPA. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ipa, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing 2 Dra. Aryati Abdul M.Kes Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi untuk kelas XII IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D (Four- D). Pada model pengembangan 4-D (Four-D) tahap-tahapnya adalah pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Penelitian pengembangan instrument ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket wawancara kepada guru biologi, lembar validasi instrument pengetahuan metakogntif oleh dosen ahli dan guru biologi, data penilaian kelayakan instrument pengetahuan metakognitif melalui respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi berdasarkan perhitungan presentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 84,45% termasuk dalam kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 84% termasuk dalam kategori sangat baik, guru biologi 96,25% dalam kategori sangat baik, respon peserta didik terhadap instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif 4,64 dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah telah menghasilkan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi untuk peserta didik kelas XII IPA sebagai pedoman guru untuk meningkatkan pengetahuan metakognitf peserta didik dalam memahami konsep mutasi Kata Kunci: Instrumen Pembelajaran, Metakognitif, Konsep Mutasi  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo