DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Kelas X MIA
Total View This Week36
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SUSANTI ISMAIL (STUDENT ID : 431413022)
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd (LECTURER ID : 0020086606)
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0017097206)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-08 00:00:00 
Abstract :
Susanti Ismail. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Kelas X MIA. Skripsi, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ani M Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Elya Nusantari, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang Berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian model 4-D (define, design, develop, dissemenate). Instrument dalam penelitian ini berupa instrument wawancara dengan guru Biologi, instrument validasi oleh validasi ahli, instrument penilaian oleh guru Biologi, instrument respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD berdasarkan perhitungan presentasi keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 80,00% (Valid), guru mata pelajaran Biologi yaitu 91,42% (Sangat Valid), dan respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yaitu 87,69% (Sangat Valid). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKPD berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan dinyatakan valid. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problm Based Learning, Model Pengembangan 4-D (define, design, develop, dissemenate), Perubahan Lingkungan. 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo