DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SEL PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 GORONTALO
Total View This Week31
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SITI SAFARIDA (STUDENT ID : 431413028)
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd (LECTURER ID : 0011017701)
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0017097206)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-05-04 00:00:00 
Abstract :
Siti Safarida. 2017. Pengaruh Strategi Belajar Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sel Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Lilan Dama, S.Pd, M. Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd sebagai dan pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi materi sel pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-5 sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan analisis statistik hasil penelitian menunjukkan Zhitung sebesar 12,5 lebih besar dari Ztabel sebesar 1,98. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar mind mapping terhadap hasil belajar biologi materi sel pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo". Kata Kunci: Strategi Belajar Mind Mapping, Hasil Belajar, Materi Sel  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo