DETAIL DOCUMENT
Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Gorontalo Dalam Memahami Konsep Ikatan Kimia Tahun Pelajaran 2011/2012
Total View This Week37
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SATRIA ABUBAKAR DJIHU (STUDENT ID : 441408045)
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si (LECTURER ID : 0015026004)
LA ODE AMAN, M.Si (LECTURER ID : 0021047704)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan persentase siswa yang mengalami kesalahan dalam memahami konsep ikatan kimia, (2) Untuk mengetahui letak kesalahan yang dirasakan siswa dalam memahami konsep ikatan kimia. Adapun metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 44 orang yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes essay sebanyak 24 butir soal. Dari hasil uji coba instrumen tes diperoleh validitas isi sebesar 100% dan koefisien reliabilitas 0,879. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa tingkat presentase kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dalam memahami konsep ikatan kimia sangat tinggi yakni; (1)dalam memahami konsep ikatan ion atau sebesar 77,27%. memahami ikatan kovalen rangkap tunggal sebesar 100%, (3) konsep ikatan kovalen rangkap dua adalah sebesar 100% dan (4) konsep ikatan kovalen koordinasi sebesar 97,73%, yang artinya bahwa sebagian besar siswa mengalami kesalahan dalam menuliskan nama ikatan kimia yang terbentuk dari setiap unsur disebabkan siswa lupa definisi dari stiap konsep. Berdasarkan persentase tersebut kesalahan yang dirasakan siswa dalam memahami konsep ikatan kimia adalah (a) Kesalahan siswa dalam menuliskan konfigurasi elektron pada setiap unsur, (b) kesalahan siswa dalam menuliskan jumlah elektron kulit terluar pada setiap unsur (c) kesalahan siswa dalam melepas atau menerima elektron untuk mencapai kestailan unur, (d) kesalahan siswa dalam menuliskan pembentukan ion positif dan negative pada setiap unsur, (e) kesaahan siwa dalam menuliskan rumus senyawa dan menggambar rumus senyawa struktur lewis pada setiap unsur, dan (f) kesalahan siswa dalam mnuliskan nama ikatan kimia yang terbentuk dari setiap unsur Kata kunci : Kesalahan Belajar, Konsep Ikatan Kimia  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo