DETAIL DOCUMENT
Kajian Kemampuan Memahami Teori Asam Basa Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Limboto
Total View This Week63
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
IRA K DALI (STUDENT ID : 441409032)
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si (LECTURER ID : 0015026004)
RAKHMAWATY AHMAD ASUI, S.PD, M.SI (LECTURER ID : 0027028202)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Ira K. Dali. 2013. Kajian Kemampuan Memahami Teori Asam Basa Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia SI, Fakutas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Rakhmawaty A. Asui, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan memahami teori asam basa pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Limboto meliputi (a) teori asam dan basa Arrhenius, (b) teori asam dan basa Bronsted-Lowry, (c) teori asam dan basa Lewis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 1 Limboto berjumlah 135 orang dan terdistribusi pada 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 14 nomor soal. Dari hsil uji coba instrumen tes diperoleh validasi isi 100% dan koefisien reliabilitas 0,61. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan analisis persentase diperoleh bahwa kemampuan memahami teori asam basa pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Limboto meliputi (1) teori asam basa Arrhenius termasuk kategori sedang yaitu 72,87%, (2) teori asam basa Bronsted-Lowry termasuk kategori rendah yaitu 41,47%, (3) teori asam basa Lewis termasuk kategori rendah yaitu 45,12%. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan pemahaman siswa SMA Negeri I Limboto pada teori asam basa termasuk kategori rendah yaitu 53,15%. Rendahnya pemahaman siswa disebabkan oleh siswa cenderung menghafal sehingga tidak terjadi belajar bermakna pada proses pembelajaran kimia. Kata Kunci: Kemampuan Memahami, Teori Asam Basa, Cluster Random Sampling  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo