DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MELALUI REMEDIAL PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA DI SMA NEGERI 1 LIMBOTO
Total View This Week15
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
INDRIYANI M. BAKIO (STUDENT ID : 441414019)
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si (LECTURER ID : 0026056106)
WIWIN REWINI KUNUSA, M.Si (LECTURER ID : 0008117006)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-02-07 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Indriyani M. Bakio. 2018. ..."Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Lingkungan Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Melalui Remedial pada Materi Konsep Larutan Asam Basa di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ishak Isa dan Pembimbing II Wiwin R. Kunusa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mereduksi miskonkespsi yang di alami sisiwa SMA 1 Limboto pada materi konsep larutan asam basa, menganalisis penyebab terjadinya miskonsepsi dan mempelajari sejauh mana miskonsepsi dapat di remedial dengan menggunakan media pembelajaran praktikum berbasis lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan one-group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA 1 Limboto tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian adalah 50 siswa, dari kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed- rank test dengan taraf signifikansi '= 0,05, uji shapiro willk untuk menguji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan profil pramiskonsepsi siswa memberikan hasil bahwa siswa miskonsepsi materi asam basa sangat tinggi dan setelah diberikan treatment terjadi penurunan miskonsepsi yang sangat signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat dari hasil uji statistic wilcoxon signed rank test untuk kedua kelas secara individual dengan nilai p - Value yang sama yaitu 0,002 dan secaraklasikal dengan nilai yang sama yaitu 0,001 dengan nilai kriteria p Value  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo