Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RIZKA NOVITASARY HIOLA (STUDENT ID : 651413036)
LISNA AHMAD, S.TP, M.Si (LECTURER ID : 0029127702)
RAHMIYATI KASIM, S.TP, M.Si (LECTURER ID : 0026107804)
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2017-08-30 00:00:00
Abstract :
Pangan darurat atau Emergency Food Product (EFP) adalah makanan yang memiliki energi dan densitas zat gizi yang tinggi untuk korban bencana alam yang dapat dikonsumsi segera pada keadaan darurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Mengetahui konsistensi produk snack food ba rs hasil scale up berdasarkan parameter fisik, kimia, dan nilai energi. 2) Mengetahui pengaruh Peningkatan Skala terhadap terhadap karakteristik organoleptik dan karakteristik kimia dari snack food bars yang dihasilkan. Tahapan penelitian diawali dengan persiapan ikan nike, pembuatan tepung jagung nikstamal, pembuatan snack food bars, dan peningkatan skala. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan analisis proksimat dan pengujian organoleptic. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal dengan 4 perlakuan yaitu peningkatan skala 10x, 15x, 20x, dan 25x dan 3 kali ulangan dan apabila ada perbedaan nyata antara perlakuan, maka dilanjutkan dengan uji beda Duncan Multiple Range Test (DMRT). Data hasil analisis kemudian dibandingkan dengan data analisis pada skala laboratorium. Hasil penilitian menujukkan bahwa pada analisis proksimat snack food bars skala laboratorium secara nilai berbeda namun tidak signifikan dengan snack food bars peningkatan skala. Perbedaan yang signifikan hanya pada kadar abu. Dari segi organoleptik, tingkat kesukaan panelis terhadap warna, tekstur, rasa dan aroma pada skala laboratorium sama dengan peningkatan skala 10x. Perbedaan yang signifikan terletak pada tingkat kesukaan panelis terhadap rasa snack food bars. Total energi snack food bars meningkat seiring dengan peningkatan skala. Namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga secara keseluruhan, peningkatan skala snack food bars tidak ada produk yang sama namun tidak memiliki perbedaan yang signifikan.