DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI 4 SUWAWA
Total View This Week73
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ERAWATI S. BOUTA (STUDENT ID : 703516008)
Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd (LECTURER ID : 0030056009)
Dr. H. Ali Kaku, M.Pd (LECTURER ID : 0004025603)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-02-07 00:00:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan bahan ajar materi bilangan bulat dengan model pembelajaran berbasis saintifik. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Suwawa yang berfokus pada perangkat pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Penelitian ini telah dilaksanakan berdasarkan prosedur pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dikenal dengan model 4 D terdiri dari empat tahap pengembangan yakni (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) tahap penyebaran (disseminate) yang dimodifikasi pada bagian-bagian tertentu. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis saintifik menggunakan model 4 D ini didasarkan pada validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan bahan ajar oleh para ahli dan pemberian angket respon oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika materi bilangan bulat berdasarkan model pembelajaran berbasis saintifik berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan cukup sesuai, sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid dan bahan ajar memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan cukup sesuai, sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat yang dibuat sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, respon siswa menunjukkan sikap positif. Dari tahapan-tahapan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika materi bilangan bulat dengan pendekatan sainstifik yang telah dikembangkan layak digunakan. 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo