DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BOROKOKECAMATAN KAIDIPANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA
Total View This Week25
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ERNALITA DATUELA (STUDENT ID : 811411013)
Dr. SUNARTO KADIR, M.Kes (LECTURER ID : 0018096605)
Dr. IRWAN, SKM., M.Kes (LECTURER ID : 0007087205)
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2019-02-07 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Ernalita Datuela. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Program Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarto Kadir, Drs., M.Kes dan Pembimbing II Dr. Irwan, S.KM, M.Kes. Rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian ini adalah penelitian observasi (observational research) yaitu pengamatan dengan menggunakan data primer melalui teknik pengumpulan data menggunakan quesioner.Analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Boroko, dengan asumsi faktor di luar dari pada variabel-variabel yang diteliti dianggap konstan atau tidak berubah. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Boroko dapat diterangkan oleh baik buruknya kualitas pelayanan.Kualitas pelayanan yang diteliti memiliki pengaruh kontribusi sebesar 47,4% terhadap variabel tingkat kepuasan pasien, sedangkan 52,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yg diteliti, antara lain: pegawai dan sarana prasarana. Puskesmas diharapkan dapat melakukan penambahan prasarana pendukung lainnya, seperti memperluas tempat parkir, komputer, kipas angin di ruang tunggu. Sehingga dengan penambahan prasarana tersebut pelayanan yang diberikan Puskesmas benar-benar bisa membantu pasien secara fisik dan memperbaiki kualitas pelayanan Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien ABSTRACT Datuela, Ernalita. 2018. The Effect of service quality on patient satisfaction level at Community Health Center of Boroko, Kaidipang Sub-District, BolaangMongondow Utara Regency, Sulawesi Utara Province. Department of Public Health, Faculty of Sports and Health, UniversitasNegeriGorontalo. Principal Supervisor: Dr. SunartoKadir, Drs., M.Kes. Co-Supervisor: Dr. Irwan, S.KM, M.Kes. This study aims to determine the effect of service quality on patient satisfaction level atCommunity Health Center ofBoroko, KaidipangSub-District, BolaangMongondowUtara Regency, Sulawesi Utara Province; this is formulated from the research problem. Therefore, this observational research employed primary data by collecting the data using questionnaires; the data further analyzed with simple regression. The results reveal that there is a positive effect of service quality on patient satisfaction level at Community Health Center ofBoroko by assuming factors outside the variables studied constant or unchanged.In addition, the patient satisfaction level at the research site is able to be explained by the good and bad quality of service. The service quality studied has a contribution of 47.4% on the variable level of patient satisfaction; meanwhile, 52.6% is influenced by other factors outside the variables studied, among others: employees and facilities. Accordingly, the Community Health Center is recommended to be able to add other supporting infrastructure, such as expanding parking lots as well as providing computers and fans in the waiting room; with the result that,the Community Health Center can help patients physically and improve service quality. Keywords : Service quality, Patient satisfaction  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo