DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruangan Interna RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone bolango.
Total View This Week21
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RAIHAN ABDURAHMAN (STUDENT ID : 841408023)
Dra RANY HIOLA, M.Kes (LECTURER ID : 0013095302)
YULIANA SYAM, S.Kep.,Ns., M.Kes (LECTURER ID : 0018067605)
Subject
LB1140 Nursery schools 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Raihan Abdurahman. 2012. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruangan Interna RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone bolango. Skripsi. Fakultas ilmu-ilmu kesehatan dan keolahragaan. Program studi ilmu keperawatan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Rani Hiola, M.Kes dan pembimbing 2, Yuliana Syam, S.Kep.Ns. M.Kes. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam pengembangan suatu system penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan pasien, meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan terhadap populasi sasaran. Umpan balik dan informasi merupakan elemen yang penting dalam pengembangan system pemberian pelayanan yang efektif, termasuk tingkat kepuasan pasien dan kualitas pelayanan Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di RSUD Toto Kabila. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif, dengan desain cross sectional, jumlah sampel sebanyak 48 orang. Hubungan antar variabel diuji dengan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang meliputi reliability (0,019), assurance (0,002), tangible (0,008), responsif ( 0,000) dan emphaty (0,002 ), dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan tingkat kemaknaan ( ? = 0,05 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diharapkan agar Rumah Sakit dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam mewujudkan kepuasan pasien, untuk itu perlu peningkatan keterampilan petugas dengan pelatihan atau pendidikan yang lebih tinggi, petugas seharusnya memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dengan pasien, memberikan komunikasi dan penjelasan tentang tindakan medis dan medis terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan tersebut kepada pasien. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pasien  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo