DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA MELALUI METODE EXPOSITORI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII D DI SMP NEGERI 3 KOTA GORONTALO
Total View This Week28
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ICAL H. TANGAHU (STUDENT ID : 911415041)
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd (LECTURER ID : 0023046006)
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0002027104)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-26 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Ical H. Tangahu, Nim 911415041 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Ekspositori Dengan Menggunakan Media Visual Pada mata pelajaran IPS terpadu Di kelas VIII-D Di SMP Negeri Kota 3 Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Gorontalo dengan menerapkan metode ekspositori dengan media visual. Metode dalam penelitian tindak kelas ini menggunakan model ekspositori dengan menggunakan media visual yang terbagi atas dua siklus. Objek penelitian yaitu siswa kelas VIII-D SMP Negeri 3 gorontalo berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode ekspositori dengan menggunakan media visual memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII-D. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I sampai siklus II dan terjadi peningkatan di setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 47% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,63%. Kata Kunci: Hasil Belajar, metode ekspositori dengan menggunakan media visual  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo