DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN WORD OF MOUTH DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. SAM RATULANGI TONDANO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Pondaag, Linnie
Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si. (LECTURER ID : 0021046808)
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-11-02 06:39:29 
Abstract :
ABSTRAK LINNIE PONDAAG. HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN WORD OF MOUTH DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. SAM RATULANGI TONDANO (dibimbing oleh Elly L. Sjattar dan Werna Nontji) Kepuasan adalah respon pasien terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan setelah menerima pelayanan kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan dengan word of mouth dalam pelayanan keperawatan di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Sam Ratulangi Tondano. Metode penelitian analitik observasional dan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian adalah pasien dan keluarga diruang rawat inap sebanyak 79 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner dan wawancara terstuktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dengan word of mouth diruang rawat inap. Berdasarkan nilai Uji fisher menunjukkan tangibles p=1,000, reliability p=0,796, responsiveness p=0,473, assurance uji fisher p=0,204, emphaty p=1,000. Tidak ada hubungan signifikan antara tingkat kepuasan pasien dengan word of mouth dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap hasil uji fisher p=1,000. Dapat disimpulkan tidak ada hubungan tingkat kepuasan dengan word of mouth dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD dr Sam Ratulangi Tondano. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin