DETAIL DOCUMENT
EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA AERONAUTIKA PADA PT. ANGKASA PURA I CABANG MAKASSAR AIR TRAFFIC SERVICE CENTER (MATSC) AN EVALUATION OF SERVICE QUALITY TO THE AERONAUTICAL CUSTOMER SATISFACTION IN PT. ANGKASA PURA I BRANC
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
FISONDA GIGIH NUGRAHA (STUDENT ID : P2100209506)
Prof. Dr. H. Muh. Asdar, SE., M.Si (LECTURER ID : 0031106102)
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2021-11-15 02:15:33 
Abstract :
FISONDA GIGIH NUGRAHA. Evaluasi Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Aeronautika Pada PT. Angkasa Pura I Cabang Makassar Air Traffic Service Center (MATSC). (Dibimbing oleh Muh. Asdar, dan Muh. Yunus Amar) Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kesesuaian antara kinerja layanan PT. Angkasa Pura I Cabang MATSC dengan tingkat kepentingan atau harapan para pengguna jasanya, (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang masih perlu ditingkatkan dan harus dipertahankan oleh PT. Angkasa Pura I Cabang MATSC dalam kualitas pelayanan. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan dua alat analisis yaitu Paired Sample T Test dan Matrix Performance-Importance. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kualitas layanan PT. Angkasa Pura I Cabang MATSC secara menyeluruh masih berada dalam kategori baik walaupun terdapat perbedaan skor antara kinerja layanan dan harapan pengguna jasa yang berarti terdapat jarak atau ketidak sesuaian antara apa yang dirasakan dan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa aeronautika. Dan berdasarkan analisis matrix performance-importance, diketahui bahwa ada beberapa atribut yang memiliki tingkat kepentingan atau harapan yang tinggi namun berada dalam kinerja layanan yang rendah (kuadran 1) sehingga perlu adanya upaya serius dari pihak manajemen untuk meningkatkan kinerjanya agar atribut-atribut tersebut bergeser ke kuadran 2. Selain itu ada juga beberapa atribut yang memiliki tingkat kepentingan rendah namun berada dalam daerah kinerja layanan yang tinggi. Hal ini juga perlu diperhatikan sebab dapat mengakibatkan pemborosan atau inefisiensi dalam perusahaan. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin