DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBINAAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II MAROS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Dr. Hijrah Adhyanti Mirzana, SH.,MH. (STUDENT ID : B012192032)
Dr. Audyna Mayasari Muin, S.H., M.H., C.L.A. (LECTURER ID : 0027098802)
Subject
K Law (General) 
Datestamp
2021-11-17 03:03:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas program pembinaan bagi anak didik pemasyarakatan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pembinaan bagi anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros. Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah tipe penelitian hukum empiris. Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer yaitu data yang diperoleh langsung berupa hasil wawancara dan bahan hukum sekunder yaitu data melalui studi kepustakaan seperti literatur, buku, jurnal dan perundang-undangan. Bahan hukum tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, (1). Program pembinaan bagi Anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros belum berjalan efektif karena masih ada kekurangan yaitu belum adanya program kesadaran hukum dan pengadaan pendidikan formal yang berpengaruh terhadap tidak terpenuhinya hak-hak anak didik pemasyarakatan, terlebih lagi masih adanya narapidana dewasa yang sudah seharusnya dipisahkan dari anak. Lalu pengklasifikasian juga tidak diterapkan sehingga memengaruhi efektivitas program pembinaan bagi Anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros. (2). Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pembinaan ialah faktor penegak hukum yaitu petugas LPKA dan faktor sarana prasarana. Peranan seharusnya dari petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak sudah ditegaskan dalam peraturan perundangan-undangan dan petugas sudah seharusnya menjalankan itu. Peranan aktual dari petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak berdasarkan penelitian masih belum maksimal dikarenakan kualitas dan sumber daya manusia yang masih kurang. Kemudian mengenai kelengkapan sarana dan prasarana masih banyak yang belum terpenuhi sehingga menghambat terwujudnya program pembinaan yang efektif. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin