Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
NASRUN, NASRUN
Dr. Jusni, S.E., M.Si (LECTURER ID : )
Dr. Abdul Razak Munir, SE, M.Si, M.Mktg., C.MP (LECTURER ID : 0006127403)
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2021-11-22 01:48:41
Abstract :
ABSTRAK
N A S R U N, A2 11 06 622. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap
Volume Penjualan Pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh
Jusni dan Abdul Razak Munir)
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan pada PT. Semen Tonasa
Kabupaten Pangkep dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga,
promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan.
Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka digunakan metode analisis
deskriptif, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis (uji serempak dan
uji parsial).
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa berdasarkan data
perkembangan volume penjualan semen pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten
Pangkep selama tahun 2001 s/d tahun 2010 yang rata-rata meningkat sebesar
677.789 zak atau sebesar 17,11%. Hal ini disebabkan karena penerapan kebijakan
bauran pemasaran telah dilakukan secara efektif.
Hasil perhitungan regresi linear berganda dengan menggunakan program
SPSS versi 17 menunjukkan bahwa untuk produk, harga, promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan untuk saluran distribusi
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap volume penjualan. Alasannya
karena nilai sig > 0,05, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi penjualan
adalah promosi.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran dan Volume Penjualan