DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI UNIT RAWAT INAP RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA TAHUN 2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
HASNIAR HASNIAR (STUDENT ID : K11115073)
Dr. dr. h. Noer Bahry Noor, M.Sc (LECTURER ID : 8806601019)
Rini Anggraeni, SKM., M.Kes (LECTURER ID : 0011037707)
Subject
Q Science (General) 
Datestamp
2022-01-06 00:08:52 
Abstract :
HASNIAR . ?Gambaran mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di unit rawat inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2020? ( xvi+ 102 halaman + 16 tabel + 4 lampiran) Rumah Sakit di RSUD Syekh Yusuf Gowa pada tahun 2018 sebanyak 85,2% angka Turn Over Interval (TOI). Angka tersebut menunjukkan peningkatan daripada tahun 2017 sebanyak 77,75%, pada prevalensi Turn Over Interval (TOI) mengalami penurunan dimana pada tahun 2018 sebanyak 0.59% sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 1.07%, pada prevalensi (AVLOS) mengalami peningkatan dimana pada tahun 2018 didapatkan sebanyak 3.33% sedangkan pada tahun sebelumnya yakni tahun 2017 didapatkan hasil sebanyak 3.02%,pada prevalensi Bed Turn Over (BTO) mengalami peningkatan yakni pada tahun 2018 didapatkan hasil sebanyak 98.48 sedangkan tahun 2017 sebanyak 93.89%, pada prevalensi Gross Death Rate(GDR) sebaliknya mengalami penurunan dimana pada tahun 2018 didapatkan hasil sebanyak 1.19% sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 1.58%, serta prevalensi (NDR) Juga mengalami penurunan yaitu pada tahun 2018 sebanyak 0.46% sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 0.61%. Tujuan penelitian ini Untuk Mengetahui Gambaran Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Instalasi Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kab.Gowa Tahun 2020.Gowa Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif.Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan Gambaran Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020. Metode pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling besar sampel sebanyak 138 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat,dan penyajian data berupa tabel disertai dengan narasi. Kata Kunci : Mutu pelayanan,Kepuasan pasien, Tenaga kesehatan 
Institution Info

Universitas Hasanuddin