DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN NASABAH PADA BANK BUMN CABANG SINJAI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Anisa Nawawi (STUDENT ID : A012181007)
Dra. Andi Reni, M.Si. (LECTURER ID : 0031126417)
Dr. Andi Nur Baumassepe Mappanyompa, SE.,MM. (LECTURER ID : 0028047812)
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-01-11 01:53:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah; kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah; kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah; kualitas produk terhadap loyalitas nasabah; kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah; dan kualitas produk terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah; serta kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Bank Umum Milik Negara Cabang Sinjai sebanyak 480.938 nasabah. Sampel diambil sebanyak 100 orang nasabah berdasarkan rumus Slolvin dengan teknik proposional statified random sampling. Teknik pengumpulan data mengguakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analsis jalur dan uji sobel. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi: Z = 2,443 + 0,972X1 + 0,072X2 dan Y = -0,395 + 0,505X1 + 0,085X2+ 0,596Z. Persamaan menunjukkan bahwa loyalitas nasabah dipengaruhi oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan melalui kepuasan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifkan terdapat kepuasan nasabah, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifkan terhadap loyalitas nasabah, kualitas produk berpengaruh positif dan signifkan terdapat loyalitas nasabah, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, kualitas produk berpengaruh positif dan signifkan terhadap loyalitas nasabah jika melalui kepuasan nasabah. loyalitas nasabah melalui melalui kepuasan nasabah pada Bank BUMN Cabang Sinjai. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin