Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Bilare Wondilo (STUDENT ID : A012182071)
Prof. Dr. Nurdin Nurdin, M.Si. (LECTURER ID : 0031125811)
Dra. Andi Reni, M.Si. (LECTURER ID : 0031126417)
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2022-01-15 03:53:19
Abstract :
Bilare Wondilo. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Melalui Inovasi Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Distrik Yaniruma Kabupaten Bouven Digoel. (Dibimbing langsung oleh Nudin Brasit dan Andi Reni)
Penelitian ini berfokus pada realitas yang terjadi di Kantor Distrik Yaniruma Kabupaten Boven Digoel akan keberadaan alat teknologi (computer) sangat minim atau terbatas. Keadaan ini menarik untuk dikaji lebih mendalam apakah dengan adanya fasilitas yang masih terbatas tersebut kinerja pegawai dapat dinilai akurat. Sistem Informasi Manajemen yang mengharuskan adanya pendataan pegawai dan pelayanan masyarakat dalam menyajikan informasi yang up to date dan transparan menjadi kendala bagi setiap pegawai dalam proses pencatatan.
Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan yakni analisis jalur (PATH). Populasi adalah 4.398 dan KK .2.418. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan quota sampling. digunakan sebanyak 396 penduduk dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Penelitian ini dilakukan di Kampung Yaniruma, Distrik Yaniruma Kabupaten Boven Digoel yang berlokasi di Jalan. Trans Papua KM. 2
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable independent secara parsial berpengaruh positif signifikan dengan data : pengaruh sistem informasi manajemen terhadap inovasi menunjukkan nilai koefisien 0.871 (positif), nilai t statistik yakni 29.787 yang lebih besar dari t-tabel 1.66 dan P Values yakni 0.000 yang lebih kecil dari pada 0.05. Pengaruh sistem informasi manajemen terhadap kualitas pelayanan publik menunjukkan nilai koefisien 0.355 (positif), nilai t statistik yakni 3.059 yang lebih besar dari t-tabel 1.66 dan P Values yakni 0,002 yang lebih kecil daripada 0.05. pengaruh inovasi terhadap kualitas pelayanan publik menunjukkan nilai koefisien 0.591 (positif), nilai t statistik yakni 5.484 yang lebih besar dari t-tabel 1.66 dan P Values yakni 0.000 yang lebih kecil daripada 0.05. Pengaruh sistem informasi manajemen terhadap inovasi dan kualitas pelayanan publik menunjukkan nilai koefisien 0.515 (positif), nilai t statistik yakni 4.994 yang lebih besar dari t-tabel 1.66 dan P Values yakni 0.000 yang lebih kecil daripada 0.05.
Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Inovasi, Kualitas Pelayanan