DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT INDOSAT OOREDOO MICRO CLUSTER (MC) GOWA DENGAN PENDEKATAN MATRIKS BCG, SWOT DAN SPACE
Total View This Week1
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
La Ode Fauzal Akbar (STUDENT ID : D071171302)
Dr. Ir. Saiful, ST., MT., IPM (LECTURER ID : 0006068103)
A. Besse Riyani Indah, ST., MT (LECTURER ID : 0001128908)
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2022-01-15 04:16:00 
Abstract :
Perusahaan membutuhkan strategi pemasaran agar dapat bersaing dan bertahan di pasar telekomunikasi di Indonesia. Namun dalam kenyataannya strategi pemasaran yang diterapkan masih belum efektif sehingga perusahaan memiliki pangsa pasar dan tingkat penjualan yang masih rendah dibandingkan dengan pesaingnya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang sesuai. Tujuannya ialah menghasilkan beberapa strategi yang relevan dengan kondisi internal dan eksterna perusahaan seta bagaimana posisi perusahaan di pasar telekomunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah BCG, SWOT dan SPACE. Metode SWOT berfokus pada analisa kondisi internal dan eksternal perusahaan. Metode BCG berfokus pada analisa posisi perusahaan berdasarkan pangsa pasar dan tingkat penjualan yang dimiliki. Metode SPACE berfokus pada analisa posisi perusahaan berdasarkan beberapa indikator kekuatan, stabilitas dan keunggulan yang dimiliki perusahaan. Selain itu, untuk mengurangi tidak konsistennya data yang diperoleh maka peneliti mengkombinasikan metode AHP dalam proses analisis SWOT dan SPACE Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa berdasarkan analisis SWOT perusahaan harus fokus pada strategi SO (strenght & opportunities) yang berarti memanfaatkan kekuatan untuk mengambil kesempatan. Berdasarkan analisis BCG, perusahaaan berada pada posisi stars yang artinya penjualan dan pangsa pasar yang dimiliki perusahaan cukup tinggi. Sedangkan berdasarkan analisis SPACE, perusahaan berada pada kuadran 1 (agresif) yang berarti perusahaan memiliki kondisi internal yang baik untuk memaksimalkan peluang, memimnimalisir kelemahan dan menghindari ancaman. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin