Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Fransiskus Komon (STUDENT ID : A012182064)
Prof. Dr. Musran Munizu, SE., M.Si. (LECTURER ID : 0009097501)
Prof. Dra. Dian Anggraece Sigit Parawansa., M.Si., Ph.D., CWM (LECTURER ID : 0005046202)
Subject
HC Economic History and Conditions
Datestamp
2022-01-18 03:41:29
Abstract :
Fransiskus Komon.Pengaruh Manajemen Mutu Terpadu Terhadap Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Boven Digoel (Dibimbing oleh Muzran Munizu dan Dian A.S. Parawansa)
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen mutu terpadu terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif , di mana untuk mendapatkan data yang obyektif, valid, dan reliabel dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan, sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah yang terjadi menggunakan metode analisis path (jalur) menggunakan aplikasi Smart Pls 3.2.8
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen mutu terpadu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, manajemen mutu terpadu berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, manajemen mutu terpadu seacara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan, pada Rumah Sakit Umum Daerah Boven Digoel
Kata Kunci: manajemen mutu terpadu, kualitas pelayanan , kepuasan pasien