Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Patresia Batti (STUDENT ID : K11116537)
Dr. Irwandy Irwandy, SKM.,M.Sc.PH.,M.kes (LECTURER ID : 0012038403)
Rini Anggraeni, SKM., M.Kes (LECTURER ID : 0011037707)
Subject
RT Nursing
Datestamp
2021-02-19 06:59:31
Abstract :
Penerapan pemenuhan hak pasien di rumah sakit di Indonesia terlihat masih
belum optimal. Jumlah pasien rawat jalan di rumah sakit jauh lebih besar dibandingkan
jumlah pasien rawat inap. Potensi besar ini menyebabkan banyak negara maju mulai
berusaha fokus untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan rawat jalan.
Ketanggapan sebagai salah satu dimensi pelayanan kesehatan yang mempengaruhi
kepuasan pasien, dalam hal ini ketanggapan pemenuhan hak pasien di rumah sakit,
khususnya di instalasi rawat jalan adalah penting untuk dilaksanakan dalam rangka
meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
ketanggapan pemenuhan hak dan hubungannya dengan kepuasan pasien instalasi rawat
jalan rumah sakit di Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah Analisis Data Sekunder (ADS). Sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 380 rumah
sakit dengan total 10.552 responden pasien rawat jalan. Data yang digunakan adalah
data sekunder dari hasil Riset Ketenagaan di Bidang Kesehatan (RISNAKES) 2017,
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia. Analisis data menggunakan analisis statistik univariat dan bivariat.
Penyajian data berupa tabel disertai dengan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketanggapan pemenuhan hak pasien di
instalasi rawat jalan rumah sakit di Indonesia sudah cukup baik mencapai 98.7% dan
untuk kepuasan pasien instalasi rawat jalan rumah sakit di Indonesia telah mencapai
98,2% pasien puas. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada hubungan antara
ketanggapan pemenuhan hak pasien dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,000 (p
< 0,05).