DETAIL DOCUMENT
Gambaran Pengalaman Pasien Rawat Inap Interna Dan Bedah Di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Dhelyana Dwi Hastuti Suma (STUDENT ID : K11116544)
Dr Fridawaty Rivai, SKM.,M. Kes (LECTURER ID : 0016107301)
Rini Anggraeni, SKM., M.Kes (LECTURER ID : 0011037707)
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-02-19 07:00:55 
Abstract :
Survei pengukuran kepuasan merupakan metode umum yang dilakukan dengan cara meminta pasien menilai pelayanan dengan menggunakan evaluasi umum, berbeda dengan pengukuran pengalaman pasien yang melaporkan secara rinci proses atau kejadian tertentu selama memanfaatkan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengalaman pasien rawat inap interna dan bedah di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Takalar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret ? Juni 2020. Cara pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan besar sampel sebanyak 95 responden yang terbagi menjadi 65 pasien interna dan 30 pasien bedah. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang telah disiapkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan: (1)jumlah pasien pada pendaftaran rumah sakit yang menunjukkan pengalaman baik di rawat inap interna sebanyak 59 pasien (90.8%) dan rawat inap bedah sebanyak 29 pasien (96.7%); (2)jumlah pasien pada lingkungan rumah sakit dan rawat inap yang menunjukkan pengalaman baik di rawat inap interna sebanyak 55 pasien (84.6%) dan rawat inap bedah 30 pasien (100%); (3)jumlah pasien pada sikap perawat yang menunjukkan pengalaman baik di rawat inap interna sebanyak 62 pasien (95.4%) dan rawat inap bedah sebanyak 29 pasien (95.7%); (4)jumlah pasien pada komitmen perawat yang menunjukkan pengalaman baik di rawat inap interna sebanyak 61 pasien (93.8%) dan rawat inap bedah sebanyak 30 pasien (100%); (5)jumlah pasien pada komitmen dokter yang menunjukkan pengalaman baik di rawat inap interna sebanyak 60 pasien (92.3%) dan rawat inap bedah sebanyak 27 pasien (90.1%); (6)jumlah pasien pada manajemen obat di rawat inap interna sebanyak 31 pasien (47.7%) dan rawat inap bedah sebanyak 18 pasien (60.0%) yang menunjukkan pengalaman baik, tetapi terdapat pengalaman kurang baik pada rawat inap interna sebanyak 34 pasien (52.3%). Disarankan agar pihak rumah sakit mengevaluasi kedisplinan dan tanggungjawab tenaga kesehatan serta pemberian edukasi obat kepada pasien pada saat pengambilan obat dibagian apotek rumah sakit 
Institution Info

Universitas Hasanuddin