DETAIL DOCUMENT
ANALISIS GENRE ABSTRAK SKRIPSI: MENINJAU KEMBALI TEORI SWALE TENTANG WACANA TERTULIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Andi Suwarni (STUDENT ID : F013171012)
Dr. Abidin Pammu, Dipl.TESOL., MA. (LECTURER ID : 0031126017)
Prof. Dr. Fathu Rahman, M.Hum. (LECTURER ID : 0031126058)
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
Datestamp
2021-03-17 07:53:50 
Abstract :
ABSTRAK ANDI SUWARNI. Analisis Genre Abstrak Skripsi: Meninjau Kembali Teori Swales tentang Wacana Tertulis (Dibimbing oleh Abidin Pammu, Fathu Rahman, Noer Jihad Saleh). Penelitian berkaitan dengan analisis genre abstrak skripsi sarjana pendidikan bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan moves yang muncul dalam abstrak skripsi sarjana. Implikasi penelitian dengan mengacu pada bahan penulisan instruksional terintegrasi dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil 45 abstrak sebagai sampel yang terdiri dari tiga kohort (2015, 2016, dan 2017) abstrak skripsi sarjana jurusan pendidikan bahasa Inggris dengan 15 abstrak setiap kohort. Untuk menjelaskan dengan tuntas berbagai moves yang terkandung dalam abstrak, kerangka kerja analisis yang dikembangkan oleh Swales digunakan. Wawancara tidak terstruktur dengan mahasiswa dan observasi dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kompetensi menulis mahasiswa. Data kemudian dianalisis menggunakan content analysis berdasarkan profil abstrak yang tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar abstrak berisi move retoris yang mendukung penelitian sebelumnya. Moves yang muncul termasuk pengantar, pernyataan tujuan, dan konfirmasi temuan serta alasan pentingnya penelitian. Temuan ini telah mengonfirmasi bahwa mahasiswa di perguruan tinggi memiliki kesadaran yang lebih baik tentang urutan logis, rhetorical moves serta kaidah linguistik yang diperlukan dalam abstrak penulisan akademik. Studi ini juga menunjukkan bahwa sebagian besar abstrak memberikan informasi mengenai tujuan, metodologi, dan temuan penelitian terkait. Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang mengkonfirmasi perlunya peneliti selanjutnya yang menganalisis moves agar mengeksplorasi hubungan antara temuan analisis moves dan bahan pengajaran untuk penulisan akademik. Temuan ini menjamin beberapa implikasi pedagogis yang mengonfirmasi pentingnya pengalihan materi pengajaran berdasarkan minat mahasiswa terhadap penelitian bidang pendidikan saat ini. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin