Abstract :
Abstrak
Pasar merupakan mata rantai yang menghubungkan produsen
dengan konsumen dan merupakan tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli, antara dunia usaha dan konsumen. Pasar memainkan peranan
yang sangat penting dalam perekonomian modern, karena harga-harga
terbentuk di pasar. Sehingga dapat dikatakan bahwa pasar merupakan
penentu dalam kehidupan perekonomian di berbagai daerah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen yang berbelanja di
pasar modern, mengetahui persepsi masyarakat pedesaan dalam
memanfaatkan pasar modern dan mengetahui faktor ?faktor yang
mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di pasar modern. Penelitian ini
dilakukan di Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi
Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang
berbelanja di minimarket Indomaret sebagian besar berjenis kelamin
perempuan, berumur 16-25 tahun, tingkat pendidikan SMA, tidak bekerja
(pelajar dan ibu rumah tangga), tingkat pendapatan