Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Ainun Nurfauzi (STUDENT ID : G21115505)
Prof. Dr. Ir. Rahmawaty Andi Nadja. MS. (LECTURER ID : 0020085503)
Dr. Muh. Hatta Jamil, SP.,M.Si. (LECTURER ID : 0023126701)
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2021-05-20 07:01:19
Abstract :
ABSTRAK
KINERJA PENYULUH DAN KEPUASAN PETANI DALAM LAYANAN PENYULUHAN
(STUDI KASUS DI KECAMATAN PANCA LAUTANG, KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG, PROVINSI SULAWESI SELATAN)
Rahmawaty A. Nadja, M.H. Jamil,
Yopie Lumoindong, Nurbaya Busthanul, Ainun Nurfauzi*
Program Studi Agribisnis, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian,
Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar
*Kontak penulis: ainunnurfauzi0604@gmail.com
Kegiatan penyuluhan dalam pembangunan pertanian berperan sebagai jembatan yang menghubungkan antara praktek yang dijalankan oleh petani dengan pengetahuan dan teknologi petani yang selalu berkembang menjadi kebutuhan para petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Balai Penyuluhan Pertanian serta untuk mengetahui tingkat kepuasan petani terhadap kinerja layanan penyuluhan di Kecamatan Panca Lautang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif serta uji Servqual dan uji Important Performance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua program kerja sudah terlaksana dan terdapat beberapa program kerja yang sementara berjalan. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan petani dalam layanan penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Panca Lautang cukup memuaskan.
Keywords: Penyuluhan Pertanian, Petani, Metode Servqual, Kinerja dan Kepuasan.