Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Hasan Walinono (STUDENT ID : L24114013)
Prof. Dr. Ir. Sutinah Sutinah, M.Si. (LECTURER ID : 0023036102)
Dr. Sri Suro Adhawati, SE., M.Si. (LECTURER ID : 0017046413)
Subject
Q Science (General)
Datestamp
2021-05-25 01:09:01
Abstract :
HASAN WALINONO. Strategi Pemasaran Ikan Layang (Decapterus ruselli) Pindang Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba
Dibimbing oleh SUTINAH MADE dan Sri Suro Adhawati
Usaha mikro dibidang pengolahan ikan yang telah dikembangkan di Kecamatan Herlang adalah pemindangan ikan. Adapun jenis ikan yang diolah dalam proses pemindangan adalah ikan Layang (Decapterus ruselli) karena besarnya pitensi ikan Layang (Decapterus ruselli) di Kecamatan Herlang. Kecamatan Herlang memiliki potensi perikanan tangkap sebesar 10.295 ton. Proses pengolahan ikan pindang yang masih sederhana dan belum higienis sehingga belum bisa bersaing dengan produk-produk olahan perikanan di pasar modern. Sehingga, memerlukan suatu strategi pemasaran untuk meningkatkan nilai pasar produk ikan pindang di Kecamatan Herlang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rantai pemasaran, margin pemasaran, dan strategi pemasaran ikan layang pindang di kecamatan Herlang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis margin pemasaran, deskriptif kualitatif dan analisis swot.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat dua tingkatan rantai pemasaran, margin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran sebesar Rp 45.00/Kg dan Rp 15.000/Kg, dan strategi yang dapat dikembangkan yaitu strategi yang disusun berdasarkan kekuatan dan peluang yang dimiliki usaha ikan pindang.
Keywords: Industri rumah tangga, ikan layang, ikan pindang, strategi pemasaran, : Industri rumah tangga, ikan layang, ikan pindang, strategi pemasaran, Industri rumah tangga, ikan layang, ikan pindang, strategi pemasaran