Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
SANTIKA DEWI (STUDENT ID : A021171008)
Prof. Dr. Haris Maupa, SE.,M.Si (LECTURER ID : 0005065905)
Dr. Andi Nur Baumassepe Mappanyompa,SE.,MM, (LECTURER ID : 0028047812)
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2021-08-23 07:25:23
Abstract :
Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli Marketplace Shopee pada Mahasiswa Universitas Negeri di Makassar = The Effects of Customer Trust, Ease of Use, and Perceived Risk to Purchase Intention Marketplace Shopee on Student of State University in Makassar. Santika Dewi Haris Maupa Andi Nur Baumassepe
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen, kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko terhadap minat beli marketplace Shopee pada mahasiswa Universitas Negeri di Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang berbasis komponen Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi 3. Terdapat 200 responden dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling yakni mahasiswa Universitas Negeri di Makassar yang pernah berbelanja online pada marketplace Shopee. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan konsumen dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel persepsi risiko berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli marketplace Shopee pada mahasiswa Universitas Negeri di Makassar.
Kata kunci : Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Minat Beli.