DETAIL DOCUMENT
ANALISIS ELEMEN HINGGA PADA CRASH BOX KENDARAAN TERISI ALUMINIUM FOAM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
Musyafriadi Musyafriadi (STUDENT ID : D21116022)
Fauzan, ST., MT., Ph.D (LECTURER ID : 0003017706)
Prof. Dr. Ir. Ilyas Renreng, MT. (LECTURER ID : 0014095703)
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2021-10-04 05:03:08 
Abstract :
Jumlah kecelakaan lalu lintas kendaraan roda empat di Indonesia meningkat secara signifikan dan mencapai puncak di tahun 2018 sekitar 109.215 dengan jumlah korban meninggal sebanyak 29.472. Crash box ialah salah satu pengembangan teknologi keselamatan yang memilliki tingkat crashworthiness yang tinggi, yaitu kemampuan untuk menyerap energi benturan dan melindungi penumpang kendaraan pada saat terjadi kecelakaandengan arah tabrakan dari depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tabung berisi foam berbahan aluminium pada crash box dan pengaruh variasi penampang dalam penggunaan tabung berisi foam berbahan aluminium pada crash box. Model simulasi yang digunakan yaitu single walled foam filled (SWFF), dan double walled foam filled (DWFF). Dari hasil simulasi, model l menghasilkan nilai penyerapan energi yang bervariatif yaitu model SWFF dengan nilai 5,978.84 joule, model SWFF1 dengan nilai 3,985.83 joule, model SWFF2 dengan nilai 3,888.68 joule, model SWFF3 dengan nilai 3,029.58 joule, model DWFF dengan nilai 5,764.15 joule, model DWFF1 dengan nilai 5,218.46 joule, model DWFF2 engan nilai 4,493.72, model DWFF3 dengan nilai 5,102.99. Dengan demikian, konstruksi crush box aluminium yang ditambahkan dinding ganda dan aluminium foam mampu lebih banyak dalam menyerap energi. 
Institution Info

Universitas Hasanuddin